Kamis, 03 Juni 2010

landasan TIK

Landasan Pemanfaatan TIK dalam Pendidikan - Presentation Transcript

  1. LANDASAN PERTIMBANGAN PEMANFAATAN TIK UNTUK PENDIDIKAN
    • Liliyanto
    • M. Azhari
    • Jubaidah
  2. Pendahuluan
    • Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) telah memberikan pengaruh terhadap dunia pendidikan khususnya dalam proses pembelajaran. Menurut Rosenberg (2001), dengan berkembangnya penggunaan TIK ada lima pergeseran dalam proses pembelajaran, yaitu:
    • 1. dari pelatihan ke penampilan,
    • 2. dari ruang kelas ke di mana dan kapan saja,
    • 3. dari kertas ke “on line” atau saluran,
    • 4. dari fasilitas fisik ke fasilitas jaringan kerja,
    • 5. dari waktu siklus ke waktu nyata
  3. Permasalahan
    • Dalam pandangan tradisional di masa lalu (dan masih ada pada masa sekarang), proses pembelajaran dipandang sebagai:
    • (1) sesuatu yang sulit dan berat,
    • (2) upaya mengisi kekurangan siswa,
    • (3) satu proses transfer dan penerimaan informasi,
  4. Permasalahan
    • (4) proses individual atau soliter,
    • (5) kegiatan yang dilakukan dengan menjabarkan materi pelajaran kepada satuan-satuan kecil dan terisolasi,
    • (6) suatu proses linear.
  5. TIK memandang pembelajaran sebagai:
    • Proses alami
    • Proses sosial
    • Proses aktif dan pasif
    • Proses linear dan atau tidak linear
    • Proses yang berlangsung integratif dan kontekstual
    • Aktivitas yang berbasis pada model kekuatan, kecakapan, minat, dan kulktur siswa
    • Aktivitas yang dinilai berdasarkan pemenuhan tugas, perolehan hasil, dan pemecahan masalah nyata baik individual maupun kelompok.
  6. Landasan filosofis
    • Teknologi merupakan penerapan ilmu, dengan demikian bahwa dalam penerapan teknologi komunikasi dalam pendidikan diharapkan membuka cakrawala keilmuan yang dilandasi oleh semangat mencari dan berinovasi dengan segala fasilitas yang diberikan. Oleh karena itu paham progresivisme tidak mengakui kemutlakan kehidupan, menolak absolutisme dan otoritarianisme dalam segala bentuknya.
    • (Brinkmann:1971)
  7. Landasan Yuridis
    • Berdasarkan UU Nomor 14/2005 tentang Guru dan Dosen telah diputuskan bahwa “setiap Guru harus dapat memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan penyelenggaraan kegiatan pengembangan yang mendidik”.
  8. Landasan Teoritis
    • Kreativitas sangat diperlukan dalam hidup ini dengan beberapa alasan antara lain:
    • pertama , kreativitas memberikan peluang bagi individu untuk mengaktualisasikan dirinya,
    • kedua , kreativitas memungkinkan orang dapat menemukan berbagai alternatif dalam pemecahan masalah,
    • ketiga, kreativitas dapat memberikan kepuasan hidup, dan keempat, kreativitas memungkinkan manusia meningkatkan kualitas hidupnya
  9. Tiga hal yang harus diwujudkan
    • Siswa dan guru harus memiliki akses kepada teknologi digital dan internet dalam kelas, sekolah, dan lembaga pendidikan guru
    • Harus tersedia materi yang berkualitas, bermakna, dan dukungan kultural bagi siswa dan guru
    • Guru harus memiliki pengetahuan dan ketrampilan dalam menggunakan alat-alat dan sumber-sumber digital untuk membantu siswa agar mencaqpai standar akademik.
  10. Manfaat TIK
    • Mengubah peran guru;
    • Dari penyampai pengetahuan, sumber utama informasi, akhli materi, dan sumber segala jawaban, menjadi sebagai fasilitator pembelajaran, pelatih, kolaborator, navigator pengetahuan, dan mitra belajar;
    • Dari mengendalikan dan mengarahkan semua aspek pembelajaran, menjadi lebih banyak memberikan lebih banyak alternatif dan tanggung jawab kepada setiap siswa dalam proses pembelajaran
  11. Manfaat TIK
    • Mengubah peran siswa;
    • Dari penerima informasi yang pasif menjadi partisipan aktif dalam proses pembelajaran
    • Dari mengungkapkan kembali pengetahuan menjadi menghasilkan dan berbagai pengetahuan
    • Dari pembelajaran sebagai aktiivitas individual (soliter) menjadi pembelajaran berkolaboratif dengan siswa lain.

+ LiliyantoLiliyanto, 2 years ago

Embed without related content for WordPress.com

3674 views, 0 favs, 1 embed

Related

Recommended

ADVERTISE ON SLIDESHARE

About this presentation

© All Rights Reserved

  • Downloads 104
  • Total Views 3674
    • 3664 on SlideShare
    • 10 from embeds

Embed views

  • 10 views on http://www.slideshare.net

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate

Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate. If needed, use the feedback form to let us know more details.

Cancel

File a copyright complaint

ADVERTISE ON SLIDESHARE

Categories

Cancel

Cancel

0 tweets

0 shares

0 shares

WordPress

Blogger

More